Sejarah

Departemen (d/h Jurusan) Matematika didirikan pada tahun 1961, bersama-sama dengan Departemen Fisika, Kimia, dan Biologi.  Pada tahun-tahun awal berdirinya, Departemen Matematika menempati Kampus UI Salemba di Jalan Salemba 4 Jakarta Pusat.

Selama tahun 1961 hingga 1965, Departemen Matematika hanya memiliki satu orang staf pengajar tetap. Kuliah dilangsungkan dengan bantuan beberapa staf pengajar tidak tetap yang berasal dari IBM, BATAN, dan perusahaan-perusahaan swasta. Angkatan pertama mahasiswa Matematika lulus dan diwisuda pada tahun 1969.

Mulai tahun 1967, jumlah staf pengajar tetap Departemen Matematika bertambah. Sampai tahun 2011, Departemen Matematika telah memiliki 36 orang staf pengajar tetap dan 2 orang pengajar tidak tetap. Kualifikasi staf pengajar bervariasi mulai dari S1 sampai S3 dengan kualifikasi mayoritas S2.

Tahun 1987 adalah tahun kepindahan Departemen Matematika ke lokasi baru di Kampus UI Depok. Saat ini Departemen Matematika menempati gedung berlantai 4 di lingkungan FMIPA Kampus UI Depok. Sejak tahun 2008, Departemen Matematika telah memiliki 2 (dua) program studi yaitu Program Studi S1 Reguler Matematika dan Program Studi S2 Reguler Matematika.