Magister

Program studi Magister Matematika merupakan program studi di bawah Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Alam Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI). Program studi ini diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia no. 706/SK/R/UI/2007, tanggal 22 Oktober 2007. Program Studi ini  menerima mahasiswa pertama kali pada PTA  2008/2009 (semester gasal), sampai dengan ATA 2014-15 telah menghasilkan sebanyak 115 orang lulusan.

Tenaga akademik program Studi Matematika FMIPA UI mempunyai 17 pengajar berpendidikan doktor (S3). Dari semua pengajar tersebut  terdapat 2 orang berjabatan guru besar (seorang guru besar tetap dan seorang guru besar tidak tetap).

Program Magister Matematika FMIPA UI telah terakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan Surat Keputusan no. 181/SK/BAN-PT/Ak-XI/M /VIII/ 2013 tertanggal 30 Agustus 2013.

Seperti ilmu pengetahuan yang berbasis abstraksi, perkembangan matematika didorong oleh kebutuhan internal matematika dan dewasa ini terstimulan oleh kemajuan bidang ilmu lain yang menggunakan abstraksi (terutama melalui pendekatan kuantitatif). Perkembangan pesat dari sisi kuantitatif tersebut mendorong tak terelakannya kebutuhan perkembangan matematika komputasional (fundamental sains komputer).

Perkembangan tersebut merupakan tantangan bagi matematikawan akademisi dalam penyusunan kurikulum yang dapat mengatasi kebutuhan keahlian matematika di masa depan.

Visi

Menjadikan Program Studi Magister Matematika FMIPA UI sebagai institusi unggulan bidang matematika dan terapannya melalui riset yang mampu berperan di tingkat global

Misi

  1. Mendidik mahasiswa menjadi lulusan yang dapat mengikuti perkembangan Matematika, Sains, dan Teknologi
  2. Mendukung dan mengembangkan kegiatan penelitian matematika dan multidisipliner
  3. Memberikan layanan informasi matematika yang dapat membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan Matematika, Sains dan Teknologi

Tujuan

Magister Matematika bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang:

  1. Mempunyai kemampuan matematika yang andal.
  2. Mempunyai kemampuan menjadi peneliti awal di bidang matematika.
  3. Mempunyai kemampuan menurunkan model matematis dari masalah sains dan teknologi dan bidang lainnya serta memecahkannya melalui riset.

 

BrosurMathS2(1)

BrosurMathS2(2)

 

Lampiran:

Panduan Kurikulum Program Studi Magister Matematika