Fasilitas

Untuk menunjang kelancaran kegiatan pendidikan di Departemen Matematika FMIPA UI, perlu disediakan sarana dan prasarana yang memadai. Departemen Matematika FMIPA UI memiliki laboratorium pendidikan, laboratorium penelitian serta perpustakaan/ruang baca.

Laboratorium

Sampai tahun 2011, Departemen Matematika memiliki 5 ruangan laboratorium komputasi dengan 90 PC & workstation. Seluruh ruang laboratorium terhubung dengan fasilitas LAN & WAN yang mampu mengakses internet.  Setiap PC & workstation dilengkapi dengan piranti lunak pendukung seperti: Matlab, maple, Lingo, Visual Basic, Visual/Borland C++, Delphi, Oracle, Java, SAS, SPSS, Splus, dan lain lain.

Komputer dalam laboratorium komputasi ini juga dihubungkan dengan 2 server dengan domain yang berbeda, yaitu Linux dan Windows NT.  Selain itu, Departemen Matematika juga memiliki sebuah lab dengan 16 workstation SUN.

Pada pertengahan tahun 2011, diresmikan sebuah laboratorium dengan 50 PC sumbangan dari alumni Departemen Matematika yang digunakan untuk praktikum mata kuliah dasar. Saat ini laboratorium dapat digunakan oleh mahasiswa program studi S1 reguler maupun mahasiswa program studi S2 reguler mulai pukul 8 pagi hingga 5 petang.

Ruang Baca pada Laboratorium Penelitian

Universitas Indonesia memiliki perpustakaan pusat yang merupakan sebuah sistem terintegrasi yang menawarkan akses ke koleksi-koleksi yang disediakan seperti: koleksi buku, koleksi majalah, koleksi non buku, koleksi artikel elektronik, koleksi buku elektronik serta karya yang dihasilkan oleh sivitas akademik Universitas Indonesia.  Perpustakaan universitas melanggan buku elektronik dan artikel elektronik yang memungkinkan setiap mahasiswa UI dapat mengakses melalui portal http://www.lib.ui.ac.id/. Sedangkan FMIPA UI menyediakan ruang komputer untuk mengakses melalui portal http://www.sci.ui.ac.id/.

Selain itu, mahasiswa Matematika difasilitasi dengan 5 Laboratorium Penelitian yang dilengkapi dengan ruang baca yang memiliki lebih dari 8000 koleksi buku, 19 jurnal internasional, 5 jurnal nasional.  Tidak ketinggalan pula koleksi skripsi yang dihasilkan mahasiswa Departemen Matematika sejak lulusan pertama sampai saat ini. Ruang baca  ini juga dilengkapi dengan e-library dan pelayanan dokumentasi dengan menggunakan Computerized Documentation Service/Integrated Set of Information System(CDS/ISIS).

www.sci.ui.ac.id/fasilitas-matematika/