PERANAN MATEMATIKA DALAM MEMAHAMI FENOMENA LINGKUNGAN

Kata fenomena pada KBBI dapat berarti fakta, kenyataan, sedangkan arti  kata lingkungan adalah semua yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan hewan.  Salah satu fenomena lingkungan yang mudah diamati adalah perubahan cuaca/iklim.

Menurut BMKG, pengaruh La Nina pada musim kemarau  tahun 2016 mengakibatkan curah hujan yang sangat tinggi.  Laporan BMKG menunjukkan bahwa selama bulan kemarau di tahun 2016, terdapat beberapa kali himbauan agar masyarakat waspada terhadap potensi angin kencang, hujan deras, petir, longsor dan tingginya gelombang laut. Himbauan ini berlaku pada banyak tempat di Indonesia seperti:  Pangkal Pinang, Pesisir Sumbar, Semarang, Jabodetabek, DIY, Tarakan, Sibolga, Selatan Jawa, Sumatera Utara, Palu dan masih banyak kota lainnya.

Bencana akibat perubahan cuaca ini dapat ditunjukkan dengan adanya musibah banjir dibeberapa tempat di Indonesia seperti di Bandung, Garut, Bondowoso, Kabupaten Aceh Jaya Aceh, Kabupaten Bangli Bali, dan lainnya. Bencana ini jelas mengakibatkan kerugian material maupun non material.

Penelitian lingkungan merupakan penelitian multidisiplin dan melibatkan ilmu-ilmu pengetahuan seperti meterology, oceanography, hydrology, biology, physics, fluid dynamics, mathematics, dan computer science.  Matematika menempati posisi yang penting karena  Matematika dapat berperan dalam memodelkan dan menganalisa masalah, mencari dan melakukan simulasi terhadap solusi yang didapatkan dan implementasi penyelesaian atas masalah lingkungan tersebut. Peranan Matematika dalam memahami Fenomena Lingkungan inilah yang diharapkan dapat menjadi topik diskusi dalam Seminar Nasional Matematika 2017.

Seminar Nasional Matematika 2017 yang akan diadakan ini merupakan seminar nasional matematika yang pada awalnya diselenggarakan bersama-sama antara Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjajaran (Unpad). Seminar bersama ini sudah dilakukan secara rutin kurang lebih sejak 20 tahun yang lalu secara bergantian.

Seminar Nasional Matematika tahun 2017 akan diselenggarakan oleh Departemen Matematika FMIPA UI bekerja sama dengan Jurusan Matematika FMIPA Unpad. Seminar ini akan dilaksanakan di Departemen Matematika FMIPA UI, Kampus UI  Depok.  Seminar ini terbuka untuk umum, baik untuk matematikawan, guru, peminat matematika dan masyarakat luas.

TUJUAN

Tujuan dari kegiatan Seminar Nasional Matematika 2017 adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai sarana untuk mendiskusikan peranan matematika dalam menyelesaikan masalah perkotaan dan mendiskusikan penyelesaian masalah tersebut.
  2. Sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi para matematikawan, peminat atau pemerhati Matematika dan para pengguna Matematika.

RUANG LINGKUP

Kegiatan Seminar Nasional Matematika 2017 terdiri dari dua kegiatan, yaitu Presentasi Makalah Utama dan Presentasi Makalah Paralel.

Presentasi Makalah Paralel merupakan acara yang dilaksanakan setelah Presentasi Makalah Utama. Presentasi ini dibagi atas beberapa bidang yang diikuti oleh para peserta yang berminat, dan dilakukan secara simultan antara bidang yang satu dengan bidang yang lainnya. Adapun bidang presentasi makalah paralel dalam seminar ini adalah:
1. Analisis dan Geometri
2. Aljabar
3. Statistika dan aplikasinya
4. Matematika Keuangan dan Aktuaria
5. Kombinatorik
6. Komputasi
7. Pendidikan Matematika
8. Optimisasi
9. Pemodelan Matematika dan bidang terapan lainnya

PESERTA

Seminar Nasional Matematika 2017 terbuka untuk umum, baik dosen Perguruan Tinggi Negeri / Perguruan Tinggi Swasta, mahasiswa, guru sekolah, siswa, pemerhati bidang matematika, praktisi aplikasi matematika, industri dan lainnya.

Para peserta akan memperoleh perlengkapan seminar, makan siang, makanan ringan, dan sertifikat. Presentasi hanya dilakukan oleh peserta yang abstraknya telah lolos seleksi oleh Tim Seleksi Makalah. Makalah yang telah dipresentasikan akan diseleksi lebih lanjut untuk masuk ke dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika 2017. Prosiding akan diterbitkan dalam bentuk format file pdf yang dapat diakses di website seminar (http://www.math.ui.ac.id/snm2017) dan mempunyai International Standard Book Number (ISBN).

TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan SNM 2017 akan dilaksanakan di Departemen Matematika FMIPA Universitas Indonesia.