Mahasiswa Statistika Raih Prestasi Mahasiswa Berprestasi Utama FMIPA UI 2019

Rio Fandi Dianco, Mahasiswa Program Studi Sarjana Statistika berhasil menyabet predikat sebagai mahasiswa berprestasi (Mapres) utama FMIPA UI untuk tahun 2019. Proses pemilihan Mapres berlangsung selama bulan Februari 2019, dan puncak acara berupa pengukuhan para pemenang dilakukan pada 1 Maret 2019.

Seleksi awal dilakukan di masing – masing departemen di FMIPA yaitu: Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Geografi, dan Geosains. Kemudian setiap departemen mengirimkan dua wakil untuk seleksi tingkat fakultas. Proses penilaian meliputi penulisan dan presentasi makalah ilmiah, kemampuan berbahasa Inggris dalam bentuk speech dan tanya jawab, prestasi akademis, dan prestasi unggul di berbagai bidang lainnya.

Dalam makalah ilmiahnya, Rio mengangkat topik prediksi harga pangan pada setiap provinsi di Indonesia serta pemetaanya demi terciptanya kestabilan harga. Menggunakan model runtun waktu pada data beberapa komoditas pangan di Indonesia, Rio berhasil membangun suatu sistem monitoring harga pangan di beberapa propinsi, untuk kemudian dapat digunakan untuk membantu para pengambil kebijakan, misal pemerintah, dalam menentukan kebijakan terkait strategi untuk menjaga kestabillan harga pangan.

Leave a Reply