lead-generation-techniques-160x600c Seminar Nasional Matematika 2014 (Sabtu, 1 Februari 2014)                       Penyajian pembicara utama dapat dilihat secara live streaming pada http://www.clr.ui.ac.id/itv/
View Sidebar

September 5, 2013 1:40 am

Peranan Matematika dalam Menunjang
Pengembangan Perkotaan untuk Kemajuan Bangsa

 

Kemajuan ekonomi di perkotaan mempunyai daya tarik yang besar yang membuat semakin banyak orang mengadu nasib di sana, sehingga perkotaan kian dipadati manusia. Hal ini menimbulkan semakin kompleksnya kehidupan di perkotaan dan pengelolaannya pun semakin rumit. Selain itu, hal tersebut juga menimbulkan berbagai masalah, seperti pengelolaan transportasi, pengelolaan lingkungan, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Kompleksitas masalah yang dihadapi perkotaan membutuhkan studi yang komprehensif dan melibatkan banyak bidang ilmu, termasuk matematika. Matematika dapat berperan dalam menganalisa masalah, memodelkan penyelesaian, simulasi dan implementasi penyelesaian atas masalah tersebut. Hal inilah yang diharapkan menjadi topik diskusi dalam Seminar Nasional Matematika 2014.

Seminar Nasional Matematika 2014 yang akan diadakan ini merupakan seminar nasional matematika yang pada awalnya diselenggarakan bersama-sama antara Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Padjadjaran (Unpad). Seminar bersama ini sudah dilakukan secara rutin kurang lebih sejak 20 tahun yang lalu secara bergantian.

Seminar Nasional Matematika tahun 2014 akan diselenggarakan oleh Departemen Matematika FMIPA UI bekerja sama dengan Jurusan Matematika FMIPA Unpad. Seminar ini akan dilaksanakan di Departemen Matematika FMIPA UI, Kampus UIĀ  Depok. Seminar ini terbuka untuk umum, baik matematikawan, guru, peminat matematika dan masyarakat luas.

Kegiatan Seminar Nasional Matematika 2014 terdiri dari dua kegiatan, yaitu Presentasi Makalah Utama dan Presentasi Makalah Paralel.

Presentasi Makalah Utama merupakan acara yang disediakan untuk 2 pembicara tamu. Pembicara tamu pertama adalah Dr. Elly Adriani Sinaga, M.Sc. Beliau adalah Sekretaris Badan Litbang Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI. Pembicara tamu kedua adalah Dr. Endang Rusyaman. Beliau adalah salah seorang dosen di Jurusan Matematika Universitas Padjadjaran.

Presentasi Makalah Paralel merupakan acara yang dilaksanakan setelah Presentasi Makalah Utama. Presentasi ini dibagi atas beberapa bidang yang diikuti oleh para peserta yang berminat, dan dilakukan secara simultan antara bidang yang satu dengan bidang yang lainnya. Adapun bidang presentasi makalah paralel dalam seminar ini adalah Analisis dan Geometri, Aljabar, Statistika dan aplikasinya, Matematika Keuangan dan Aktuaria, Kombinatorika, Komputasi, Pendidikan Matematika, Optimisasi, Pemodelan Matematika dan bidang terapan lainnya.

 

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Panitia Seminar Nasional Matematika 2014
E-mail : snm2014@sci.ui.ac.id
contact person:

  • Yekti Widyaningsih (0812 9641 2160)
  • Hengki Tasman (081585290270)

Comments are closed